Rabu, 15 Maret 2017

Contoh Kalimat Pembukaan Pidato Singkat

Contoh Kalimat Pembukaan Pidato Singkat - Berpidato merupakan berbicara di depan umum dengan cara tertentu untuk mencapai tujuan tertentu pula. Berpidato pada umumnya dibedakan menjadi dua piliahn, yaitu berpidato panjang dan singkat. Kebanyakan pendengar lebih menyukai mendengarkan pidato singkat, selain lebih mudah untuk disimak juga padat dan tepat pada tujuan, tanpa berbelit-belit.

Pendengar menyukai pidato singkat karena informasi yang mereka butuhkan dapat dengan mudah dimengerti tanpa harus berpanjang lebar dan sulit dimengerti. Pidato singkat juga tidak akan membuat pendengar bosan. Namun untuk berpidato singkat juga anda perlu memperhatikan beberapa hal sederhana untuk menciptakan pidato singkat namun tidak membosankan untuk didengar.

Contoh Kalimat Pembukaan Pidato Singkat

Beberapa hal sederhana yang diucapkan oleh pembicara dalam contoh pidato dapat dipisahkan menjadi tiga bagian, yaitu Pembukaan, Isi dan Penutup. Untuk lebih lengkapnya lagi semua kategori tersebut mencakup beberapa hal, seperti berikut:

1. Pembukaan

Perkenalan diri pembicara
Gambaran umum tentang isi pidato
Humor sebagai penyegar
Ilustrasi yang relevan mengenai isi pidato
Lain-lain

2. Isi atau Uraian

Penjelasan dari isi pidato
Alasan dari isi pidato
Bukti dan ilustrasi mengenai isi pidato
Contoh atau perbandingan dari topik pidato
Cerita dan humor yang relevan
Lain-lain

3. Penutup

Kesimpulan dari isi pidato
Ajakan kepada pendengar untuk melakukan sesuatu
Penegasan isi pidato
Lain-lain

Untuk lebih jelasnya lagi, dibawah ini ada Contoh Pidato Singkat mengenai kenakalan remaja, dan anda bisa memodifikasinya sesuai dengan topik pidato yang akan anda sampaikan.

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberi nikmat serta karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di hari yang berbahagia ini.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Besar kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kami semua hingga saat ini.

Dan kepada Yth. Bapak/Ibu... yang saya hormati dan teman-teman semua yang saya cintai, kita semua tentunya tahu dan menyadari betapa banyak terjadinya kenakalan remaja saat ini, dengan perbuatan negatif dan menyimpang di masyarakat. Seperti sudah mengenal rokok dan narkoba, yang pada awalnya hanya mencoba dan menjadi ketagihan sampai kecanduan. Adapun penyebab masalah dari kenakalan remaja ini yang diakibatkan dari kesalahan orang tua dalam cara mendidik atau orang tua yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat memperhatikan anak mereka, atau juga karena pergaulan remaja saat ini yang sudah terjerumus dengan pergaulan yang salah. Boleh saja kita mempunyai banyak teman, namun kita juga harus berhati-hati untuk memilih teman, agar kita tidak terjerumus pada pergaulan yang salah.

Masih banyak lagi kenakalan remaja yang terpengaruh oleh pergaulan yang salah, seperti mabuk-mabukan, tawuran antar pelajar, geng motor, dan bahkan hal tersebut banyak menimbulkan korban dari banyak remaja yang terlibat dalam pergaulan yang salah. Mari kita jauhi perilaku-perilaku menyimpang tersebut, karena hal tersebut hanya akan merugikan diri sendiri. Gunakanlah masa-masa remaja dengan hal positif dan bermanfaat bagi diri sendiri, orang tua dan juga bangsa.

Teman-temanku yang saya banggakan, selektiflah dalam mencari teman dan tetap ingatlah bahwa tak ada satupun orang tua yang menginginkan ananya berperilaku buruk. Sampai disini yang dapat saya sampaikan dalam pidato ini, jikalau ada kesalahan mohon untuk dimaklumi.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Contoh pidato diatas merupakan contoh pidato singkat yang dapat dijadikan contoh bagi anda dan dapat dimodifikasi sesuai dengan topik masalah yang akan anda sampaikan kepada pendengar. Sekian ulasan mengenai Contoh Pidato Singkat, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.